Wikipedia

Hasil penelusuran

Minggu, 17 Januari 2016

Aplikasi/Software di Bidang Teknik Sipil

Perkembangan dunia konstruksi tidak luput dari kecanggihan teknologi, dan salah satu bidang yang membantu memperlancar proyek konstruksi di dunia adalah Software. Ada beberapa software yang sering digunakan dalam dunia konstruksi di dunia termasuk di Indonesia. Dan berikut ini adalah beberapa Jenis Software yang sering digunakan dalam dunia konstruksi di Indonesia.

1. AUTOCAD
Autocad adalah sebuah program komputer yang biasanya digunakan untuk menggambar objek 2 dimensi dan 3 dimensi atau lebih dikenal sebagai“Computer-aided drafting and design program” (CAD). Program ini banyak digunakan oleh berbagai disiplin ilmu diantaranya teknik sipil, teknik mesin, mekanikal elektrikal, elektro dan disiplin lainnya.
Autocad adalah program komputer yang wajib dikuasai oleh anak teknik sipil. Semenjak kuliah sampai di dunia pekerjaan, AutoCAD tetap menjadi pilihan utama dalam menggambar. Dalam mencari pekerjaan yang berhubungan dengan dunia sipil, keahlian penguasaan program AutoCAD menjadi nilai tambah tersendiri.  Alangkah baiknya mencantumkan keahlian tersebut pada CV yang anda buat. Terlebih jika melamar pekerjaan di konsultan perencanana atau kontraaktor
Di konsultan perencana, AutoCAD digunakan untuk membuat Detail Engineering Design (DED) Arsitektur, Struktur, Mekanikal Elektrikal dan lanscape. Sedangkan di kontraktor, AutoCAD lebih digunakan untuk membuat shop drawing dan As Built Drawing.
2. 3D STUDIO MAX
3d Studio max atau sering disebut dengan 3dmax, merupakan produk lain dari Autodesk yang banyak digunakan di Seluruh Dunia. Produk ini sering digunakan sebagai software animasi baik animasi Aristektur maupun grafis seperti animasi film. Software ini Sangat Familiar di Indonesia dan penggunanya pun relatif banyak mulai dari profesional Arsitek hinggadesainer Grafis.
Efek animasi dalam software ini relatif banyak sehingga mempermudah pembuatan animasi baik animasi foto maupun animasi bergerak seperti Video promosi dalam bidang properti, film dan periklanan.


3. SAP2000
Program SAP2000 dapat melakukan perhitungan analisis struktur statik / dinamik, saat melakukan desain penampang beton bertulang maupun struktur baja, SAP2000 juga menyediakan metode interface (antarmuka) yang secara grafis mudah digunakan dalam proses penyelesaian analisis struktur.
Urutan proses analisis dan desain struktur dalam SAP2000 adalah sebagai berikut :
1. Penentuan Model Strutur
2. Penetapan Penampang Struktur
3. Penetapan Penampang Elemen Struktur
4. Penetapan Kondisi Pembebanan
5. Penentuan Beban pada Struktur
6. Analisis Model
7. Penampilan Deformasi Struktur
8. Penampilan gaya-gaya dalam
9. Pemeriksaan Tegangan Elemen

Pada umumnya SAP2000 digunakan untuk menganalisis struktur bangunan atas, sehingga jarang orang menggunakan untuk analisis pondasi bangunan. 
4. GOOGLE SKETCHUP
Google pun tak kalah produktif dari beberapa perusahaan di atas, Produk yang satu ini menjadi primadona baru dalam dunia Arsitektur di dunia, karena kemudahan penggunaan dan fasilitas yang diberikan sangat banyak, dari mulai akses langsung ke google maps hingga kita bisa mengambil foto view lokasi langsung secara online dengan menggunakan satelite, Namun fasilitas tersebut masih terbatas di wilayah eropa. Google SkethUp memiliki fasilitas Gudang Gambar 3d atau sering disebut 3d Warehouse yang menyediakan beberapa Library desain 3D yang berasal dari pengguna Google sketchUp lain di seluruh dunia dan dapat di download secara langsung pada fasilitas component google.
5. TEKLA
Software Tekla merupakan revolusi baru dalam bidang rekayasa struktur yang memiliki beberapa keunggulan dibanding program aplikasi lainnya, Keunggulan Software Tekla antara lain yaitu terintegrasinya kegiatan pemodelan, analisis dan desain struktur dengan detailing yang lebih detail, bill quantity, sequence pekerjaan sampai dengan kegiatan schedullling bahkan dapat digabungkan dengan software lainnya seperti perencanaan produksi, sumber daya, sistem otomatisasi mesin, dsb. Sehingga kegiatan AEC (architect,engineering, construction) terintegrasi dalam satu pemodelan yang dapat diakses secara real time. Dalam aplikasinya tentunya hal tersebut sangat menghemat biaya, waktu dan sumber daya manusia. Proyek konstruksi fantastis menara Burj Dubai, yang memiliki ketinggian hampir satu kilometer (900 m) merupakan menara tertinggi didunia. Penggunaan aplikasi Software Tekla pada proyek tersebut telah membuktikan kemampuannya dalam hal pemenuhan kebutuhan tidak hanya pada kegiatan Planning and Design akan tetapi juga pada kegiatan construction, erection, project management serta kegiatan operational and maintenance.
6. ETABS 
ETABS adalah salah satu applikasi yang sangat populer di dunia teknik sipil. Software buatan CSI Berkeley ini memang sangat powerful dalam melakukan pemodelan struktur, analisis, dan desain. Kebanyakan para perencana high rise building menjadikan ETABS sebagai pilihan pertama dan utama dalam melakukan analisis dinamik, karena memang analisis dinamik ini agak-agak butuh waktu dan keringat yang berlebihan jika dicoba dihitung secara manual. Analisis dinamik nggak sesederhana analisis statik yang cukup mengandalkan konsep kesetimbangan gaya saja.
Program ETABS secara khusus difungsikan untuk menganalisis lima perencanaan struktur, yaitu analisis frame baja, analisis frame beton, analisis balok komposit, analisis baja rangka batang, analisis dinding geser. Penggunaan program ini untuk menganalisis struktur, terutama untuk bangunan tinggi sangat tepat bagi perencana struktur karena ketepatan dari output yang dihasilkan dan efektif waktu dalam menganalisisnya.
Program ETABS sendiri telah teruji aplikasinya di lapangan. Di Indonesia sendiri, konsultan-konsultan perencana struktur ternama telah menggunakan program ini untuk analisis struktur dan banyak gedung yang telah dibangun dari hasil perencanaan tersebut.
7. PLAXIS
Plaxis adalah salah satu program aplikasi komputer berdasarkan metode elemen hingga dua dimensi yang digunakan secara khusus untuk menganalisis deformasi dan stabilitas untuk berbagai aplikasi dalam bidang geoteknik, seperti daya dukung tanah. Kondisi sesungguhnya dapat dimodelkan dalam regangan bidang maupun secara axisymetris. Program ini menerapkan metode antarmuka grafis yang mudah digunakan sehingga pengguna dapat dengan cepat membuat model geometri dan jaring elemen berdasarkan penampang melintang dari kondisi yang ingin dianalisis. Program ini terdiri dari  empat buah sub-program yaitu masukan, perhitungan,  keluaran, dan kurva.
Kondisi di lapangan yang disimulasikan ke dalam program Plaxis ini bertujuan untuk mengimplementasikan tahapan pelaksanaan di lapangan ke dalam tahapan pengerjaan pada program, dengan harapan pelaksanaan di lapangan dapat didekati sedekat mungkin pada program, sehingga respon yang dihasilkan dari program dapat diasumsikan sebagai cerminan dari kondisi yang sebenarnya terjadi di lapangan.
( Sumber : Google and by Me )

1 komentar: